Android™ of Blog




  • RSS
  • Skype
  • Facebook
  • Yahoo

Solusi Tidak Bisa Masuk Recovery dan Fastboot

Author Febz Putra - -
Home » » Solusi Tidak Bisa Masuk Recovery dan Fastboot

http://cdn.theunlockr.com/wp-content/uploads/2012/07/android-root-humor.jpg
Hal paling utama untuk solving masalah ini adalah DRIVER:
Bila Smartfren Andromax U tidak kedetek di PC, artinya driver belum terinstal dengan sempurna. Untuk itu download :
1. Driver Max U : https://docs.google.com/file/d/0Bz84AvFI8VDeT1RmV0M2TTBTMUU/edit?usp=sharing

2. Driver ADB : https://docs.google.com/file/d/0Bz84AvFI8VDeNWswS0F4bzBhaU0/edit?usp=sharing

Pastikan semua driver terinstal dengan sempurna, pasti bisa... :)
====================================================
I. Solusi Pertama:
   a. Ambil file folder recovery bawaan dari update Stock ROM JB 1.1c/1.1e dll
atau download di https://docs.google.com/file/d/0Bz84AvFI8VDeVDRRUWZUNjl4Y00/edit?usp=sharing (by Rendy Adhie Pradhana)
   b. Copy file recovery-from-boot.p lalu paste ke system, rubah permission rw-r-r
   c. Copy file instal-recovery.sh lalu paste ke system/etc, rubah permission rw-r-r
   d. Restart tes masuk recovery
credit to agan A'alym Mustofa

II. Solusi Kedua:
Ini adalah cara yang saya pakai sekitar beberapa hari yang lalu, saat
Andromax U tidak bisa masuk recovery dan fasboot waktu mau nyoba Jelly
Bean versi 1.1e

Kronologisnya =
Posisi awal adalah Jelly Bean Versi I.Ic + CWM Touch Recovery. Terus
pingin nyoba ke VI.Ie. Saya coba balikin dulu recovery CWM nya ke
recovery ori dan ternyata salah file, alhasil ga bsa masuk ke recovery
maupun fastboot. Akhirnya bisa teratasi dengan cara sebagai berikut:

A. Bahan dan Persiapan
Download SDK (http://developer.android.com/sdk/index.html)
(DOWNLOAD FOR OTHER PLATFORMS sesuaikan windows yg agan gunakan ( 32/64bit ))

dan instal/ekstrak hsil downloadnya di sembarang drive, misalnya di D.

ntar ada folder baru hasil ekstrak/instalasinya. misalnya D:\android-sdk-windows.INGAT BAIK-BAIK RECOVERY YANG TERAKHIR DIPAKE APA!!!.

kalo misalnya pke CWM-Touch-Recovery_MaxU-JB-signed (https://www.dropbox.com/s/1n128oxjnlyda3k/CWM-Touch-Recovery_MaxU-JB-signed.zip), maka ekstrak zip nya file itu dulu dan ambil file recovery_cm10.1.img.
Simpan misalnya di D:\android-sdk-windows

YANG TERPENTING GAN FILE :
-adb.exe
-AdbWinApi.dll
-AdbWinUsbApi.dll
-fastboot.exe  (copy semua di system 32 )
ane sarankan restart kompi setelah selesai copy

download ADB Files > https://www.facebook.com/download/507761942605281/adb%2Brecovery%20ori%20JB.7z

B. Eksekusi
( khusus yg tidak bisa masuk system/fastboot/atau cwm ori atau non ori bisa lewatkan langkah USB debug)
Di MAXU masuk ke setting > Developer options. Trus centang “USB debugging”.

Colok MAXU agan ke kompi/lappie dan pilih aja yang mode charging.

Buka cmd/command prompt kompi/lappie = Run > ketik CMD lalu oke.

C:\Users\xxxxx>Setelah kebuka lalu Ketik = adb devices. C:\Users\xxxxx>adb devicesENTER dan hasilnya = * daemon not running. starting it now on port 5037 * * daemon started successfully * List of devices attached MSM8625QRD5 device(NB: KODE MSM8625QRD5 BERBEDA UTK STIAP MAXU!).

Kalo MAXU nya udh kedetek seperti di atas, lanjutkan dengan mengetik =
adb reboot bootloader
=>>> yup!!! bootloader!!! bukan fastboot!!!..

C:\Users\xxxxx>adb reboot bootloader

Tunggu 5-15 detik maka MAXU akan restart dan masuk mode fastboot dgn
tanda tulisan smartfren-logo-live smart dan background hitam. Tunggu
skitar 10 detik, kalo tetap seperti itu alias nggak restart ke menu maka
selamat, MAXU agan berhasil masuk fastboot.

JANGAN LEPAS KABEL USB KARENA PROSES BELUM SELESAI!!!Kembali
ke command prompt lalu arahkan rootnya ke tmpat menyimpan file recovery
tadi (file recovery_cm10.1.img di D:\android-sdk-windows)

caranya, ketik = d: C:\Users\xxxxx>d:trus ENTER dan root berubah menjadiD:\> Lalu ketik lagi = cd android-sdk-windows D:\>cd android-sdk-windowsENTER dan Hasilnya =D:\android-sdk-windows>
pfiiiiiuuuhhhh….

Oke, ini adalah tahap terakhir yaitu ngeflash recovery ke MAXU
Ketik = fastboot flash recovery recovery_cm10.1.img
atau ketik = fastboot boot cwm.img (taruh file cwm.img khusus untuk JB di dalam folder android-sdk-windows)

D:\android-sdk-windows>fastboot flash recovery recovery_cm10.1.img
D:\android-sdk-windows>fastboot boot cwm.img

ENTER dan hasilnya =
sending ‘recovery’ (xxx KB)
OKAY [ 0.xxxs]
writing ‘recovery’ (xxx KB)
OKAY [ 0.xxxs]
finished. total time: 1.xxxs

Setelah itu MAXU tidak akan merespon apa2, jadi silahkan cabut kabel
USB lalu lepas batere dan pasang lagi. trus nyalakan MAXU smpe masuk ke
menu. Matikan MAXU dan silahkan coba masuk ke menu recovery dgn pencet POWER + VOL UP.
Berdoa dan gudlak.

Credit to Muh. Tony
Edited by Rendy Adhie Pradhana



Solusi BootLoop Andromax U
Modified by Asep Sholihin

Pusing ngadepin HH yang BootLoop. Awal cerita ane pernah install CWM Recovery. Kebetulan ane pengen update JB V2.0b. Nah ane kembaliin tuh CWM ke Recovery ori. Pas udah selesai prosesnya, ane coba masuk ke recovery malah BootLoop. Bikin galau deh.
Tapi tenang gan, semua pasti ada solusinya. Simak aja dengan seksama wacana dibawah ini.

Persiapan dan Do'a :
Baca basmalah dulu gan biar berhasil
Download driver http://docs.google.com/file/d/0BxCjDftBhqraQmZvSXpNakFJY1E/edit
Extract hasil download di Local Disk (D:)
Insall / buka file andriod.exe atau Qualcomm_USB_Drivers_For_Windows.msi

Aturan Pakai :
HH Android masuk ke menu Setting -> Developer options, dan centang “USB debugging”.
Synchron-kan HH agan ke kompi/lappie dan pilih aja mode charging.

Kalo udah buka cmd/command prompt kompi/lappie = Run -> ketik CMD lalu oke.
Lakukan seperti yang ada di gambar

http://2.bp.blogspot.com/-m2hnLJUQF5c/UahWHyPZ2bI/AAAAAAAAAJQ/uSYNCmV82LA/s320/1.png

Kalo HH nya udah terdeteksi seperti di atas, lanjutkan dengan mengetik adb reboot bootloader

http://1.bp.blogspot.com/-Iba4Sf8B7Ik/UahXgQRt2iI/AAAAAAAAAJg/mJf_0RS61d4/s320/2.png

Jangan kemana dulu gan, tunggu 10-20 detik sampe muncul Logo HH SMARTFREN. Jika dalam 10-20 detik HH masih dalam tampilan Logo, berarti HH sudah berhasil FastBoot.

Oke, sekarang masuk lagi ke CMD dan ketikan sesuai nama recovery ori HH-nya.
tentunya download dulu gan, dan simpan di directory yang sama.

D:\android-sdk-windows>fastboot flash recovery maxu-stock-recovery.img
maxu-stock-recovery.img adalah recovery untuk type HH Smartfren Andromax U

http://1.bp.blogspot.com/-c3syHt__Awo/Uaha_o_kcYI/AAAAAAAAAJw/TD1UWmXxHUU/s320/3.png

Setelah di ENTER, akan muncul proses seperi dibawah ini.

sending ‘recovery’ (xxx KB)
OKAY [ 0.xxxs]
writing ‘recovery’...
OKAY [ 0.xxxs]
finished. total time: 1.xxxs

Setelah finished cabut kabel USB lalu lepas battery dan pasang lagi. Nyalakan kembali HH, kemudian matikan HH dan silahkan coba masuk ke menu recovery dengan menekan tombol Power + Volume UP.
Taraaaaaa, HH akan masuk ke menu recovery ori.

28 Responses so far.

  1. dodo says:

    Kalo Andromax C ane CWM-nya udah gak ori, trus udah di root, setelah pasang rom yang bullymus, pas di reboot jadi layar jadi putih semua setelah gambar bootnya sm4rtplen, itu kenapa ya?, mohon dibantu gan, baru 2 hari diboyong :( ..

  2. dodo : coba lu masuk ke root explorer atau root browser..
    trus ente ke system/ media cara tulisan bootanimation..
    trus ente hapus bootanimation nya..
    ente ganti bootanimation nya..

  3. dodo : coba lu masuk ke root explorer atau root browser..
    trus ente ke system/ media cari tulisan bootanimation..
    trus ente hapus bootanimation nya..
    ente ganti bootanimation nya dengan yg baru tinggal di copy paste aja..

  4. gan gimana mau masuk ke seting usb debuging kalo HH ane bootloop, gak bisa masuk recovery, gak bisa masuk ke fastboot juga, ane bingung gan, waktu di konekin ke pc gak ke dettect, terus hh ane waktu di idupin diem aje d posisi tulisan smartfren andromax u background bintang2 gak masuk2..
    help gan..

  5. Wah.klo gtu ya garansiin aja k galery gan klo udh bootlop.mmpung msih gransi tuh.ane kmaren jg ngalamin hal yg sma swaktu pke andromax u

  6. yus says:

    tolongin ane gan, gara2 nyoba pimp my rom. Ga tau salah seting dimana pas restart maxu cuma kedip2 putih. masuk ke recovery mode ga bisa. Ane coba balikin stock recovery lewat cmd jg ga bisa. kayak gini hasilnya gan :

    Microsoft Windows [Version 6.1.7601]
    Copyright (c) 2009 Microsoft Corporation. All rights reserved.

    C:\Users\Yusuf>adb devices
    * daemon not running. starting it now on port 5037 *
    * daemon started successfully *
    List of devices attached


    C:\Users\Yusuf>adb reboot bootloader
    error: device not found

    C:\Users\Yusuf>d:

    D:\andriod_usb_driver>fastboot flash recovery maxu-stock-recovery.img
    < waiting for device >

    berhenti diem, dan ga kemana2 lagi... :(
    tolongin ya gan. makasih pol...

  7. ChuKhil says:

    jadi gini gan, MaxU ane pertamanya cwm Recovery , trus ane ganti ke Recovery ory, dan ternyata MaxU ane gabisa masuk Recovery, gabisa masuk download mode, trus stak di tulisan andromax U. di PC kebaca 9026, kira2 solusinya gimana gan? help

  8. gan minta tlng pnya saya baru andromax u setelah saya update ke jelly yang v1.e kok sering restart mau saya naikin ke v2.od gak bisa knp ya gan .......mohon bantuan nya

  9. Gan ane punya HTC Desire VC, yg ane alami Layar Hitam tp indikator charger hidup ane coba fastboot akhirnya layar normal kembali, gak lama kemudian layar menjadi hitam lagi ane coba fastboot dr hp gak bisa ( gak muncul ) trus ane coba dr PC juga gak kedetect, mohon bantuanya gan..thanks

  10. kasto as says:

    mantap gan tipsnya berhasil...
    ane udah coba dari semua cara, cuma cara ente yang berhasil, ente memang hebat. sukses selalu buat ente gan....
    thnks.

  11. jujur aja gan, puyeng gua mahamin cara agan, tapi butuh juga

  12. gan kalo misal kan udah di upgrade dari gingger ke jely bean tapi pas reboot tetep di logo samsung aja itu kenapa ya gan?

  13. Kalo saya mas andromax u2 uda di root , trus saya install tema dari cwm
    pas beres downlod sama install trus di reboot uda di reboot ga masuk masuk terus ke system loading aja terus , trus masalahnya lagi recovery mode ga bisa di akses tapi kalo fastboot masuk mas,kenapa ya? minta bantuannya.

  14. kalo buat samsung galaxy s1 gimana punyaku mati total gag bisa nyala download mede

  15. helo kakak yg baik saya minta solusinya buat betulin hp samsung galaxy s1...?
    ceritanya beginiw....?pertama nani instal gingerbread 2.3.6 trs mau di upgrade ke jelybean gunain odin tapi pas start problem trs nani cabut cable dr pc trs di buka batray malah gag hidup gimana tuh kaka solusinya tolong ya tutorialnya...? thank's buat kaka yang baik

  16. Gan tolong ane, hp ane andromax c. Karena udh banyak salah pas mau buka lock patternnya, eh malah gabisa masuk sama sekali. Email sama password gmail pun lupa.
    Udah masuk ke recovery mode tapi gabisa-bisa. Tulisannya rebooting teruus. Ga muncul pilihan wipe data / yg lainnya. Ada solusi untuk masalah ane gan?
    Terima kasih banyak

  17. gaan.. itu driver yg no 1.. kan banyak pilihan .. pilih yang mana..

  18. andromaxi2 gmn gan please help me

  19. masalah di hape andromax c ics gan, ko pas mengatur kesetelan pabrik malah muncul bacaan FASTBOOT pas dilanjutkan (menekan vol up) lama ditunnguin malah ga ada respon apa" . kenapa ya gan mohon pencerahanya

  20. mohon pencerahanya supaya bisa mengatur kesetelan pabrik lagi gan kondisi hape bekas root dan instal CWM di andromax tool

  21. Klw andromax U2 sma jga krna U2 ane g ke baca di laptop

  22. @rman says:

    bagaimana cara mereset hp dengan mode fastboot melalui pc, soalnya hp saya beberapa x salah pola lalu meminta masuk melalui akun google, permasalahannya koneksi internet hp saya dalam keadaan off sedangkan untuk masuk melalui email harus ada koneksi inernetnya, mohon petunjuknya,,,,,,,,?

  23. Hp nya andromax c di hi.dupkan malah gambar andromax terus ga lama kemudian lalu mati ....dicolok ke pc tidak ada reaksi apapun...terus di upgrade hanya sampai ebr0....dan muncul tulisan warna merah "emmc last write error" demikian bang ceritanya barang kali ada solusi dan bisa membantu untuk pencerahan nya ...terima kasih

  24. Ikin zeze says:

    ga masuk akan emng bisa tanpa rot permission rw-r-r

  25. Ikin zeze says:

    ga masuk akal emng bisa tanpa rot permission rw-r-r

  26. gan evercoss a7s ane g bsa masuk recovwry menu..uda nyoba dengan berbagai jenis cara tp g bisa :( pdahal mau instal custom rom..awalnya sih instal GLTool ..trus ane otak atik trus pas reboot malah jd bootloop..ane masuk recovery mode trus reset factory..setelah kejadian itu g bsa masuk lg ke recovery mode..ada solusi g gan?

  27. tlg saya gan. Hp saya mito fantasy a 60, quadcore qualcom. udah jd bata hard brick. Ane udh dpt bhn fastboot ame rom ny. Cuma driver hp ga ke bca di pc. . . Awalny msh bisa ke bc, trus ane cb flash pake qpst. Ternyta gagal, nah skrg mlh ga kbaca sma sekali drive usb ny. , jg ga bisa mask ke fastboot. . .