Android™ of Blog




  • RSS
  • Skype
  • Facebook
  • Yahoo

Membuat File Odex menjadi Deodex di Windows™

Author Febz Putra - -
Home » » Membuat File Odex menjadi Deodex di Windows™

 
MEMBUAT FILE ODEX MENJADI DEODEX

untuk yg dah pada paham seluk beluk android pasti dah pada tahu dan paham apa itu file odex dan deodex apa fungsinya dan bagaimana bekerja dengan kedua file tersebut, tapi untuk yg baru yg masih pada awam (termasuk ane) sebenarnya jenis 'hewan' apakah itu odex dan deodexed. berikut nih ringkasan yang ane baca setelah googling.

deodexing intinya menghapus file odex dari system. File ekstensi ini merupakan bagian dari apk android (aplikasi paket) dan jar (file yang membentuk sebagian besar gui android) file yang berada dalam sistem. Anda dapat menemukan file odex di /sistem/app/ dan /system/framework/.
Proses deodexing dilakukan dengan cara mengcompile ulang file odex dalam format dex. Dan menempatkan kembali file dex tersebut kedalam apk atau jar.
Tujuan dari deodexing adalah mempermudah pengeditan file jar atau apk. Sebagian besar kode untuk file-file tersebut bagian dalam odex, yang tidak dapat dikompilasi ulang jika masih berformat odex. Setelah file file tersebut dikompile ulang menjadi file dex(jasil dari deodex). Hal ini memungkinkan kita untuk merubah xml theme, apk dan menambahkan fitur tambahan yang melibatkan pengeditan file smali. (mirip dengan file class di java berisi kode java) . Deodexing juga menghemat space di system dan membuat system berjalan lebih cepat, walaupun ga terlalu signifikan..
Sumber: Kaskus (dari imron02.blogspot.com)

nah lalu bagaimana cara buatnya ya??? berikut nie ada beberapa cara setelah mencari googling sampe gulang-guling mabok ngubek2 mbah google. so CEKIDOT !!!



MENGUBAH FILE ODEX MENJADI DEODEX (OS WINDOWS)

VERSI 1

Yang Dibutuhkan:

  1. Jessy pastinya
  2. Pastikan Jessy sudah ter-root
  3. Xultimate (http://www.droidforums.net/forum/xeudoxus/47283-release-xultimate.html)
  4. Pastiin windows sudah terinstal Java (ane asumsiin dah pada instal javanya ya..., klo belum bisa kemari : http://www.oracle.com/technetwork/java/javase/downloads/jre6-downloads-1637595.htm)
  5. PC sudah terinstal SDK Android (ane asumsiin agan-agan dah instal SDK Android)

Langkah-Langkahnya:
  1. Sambungkan neng Jessy ke PC (pastikan USB Debugging dah di centran)
  2. Ekstrak xUltimate dan jalankan Main.exe
  3. Jika semua berjalan dengan baik maka xUltimate akan terkoneksi dengan neng jessy, akan ada jendela yang berisi daftar pilihan
  4. Pilih (1), pull /system/app , (proses ini merupakan memindahkan isi folder app di jessy ke pc). Tunggu hingga proses selesai berjalan
  5. Pilih (2), pull /system/framework (proses memindahkan isi folder framework di jessy ke pc). Tunggu hingga proses selesai berjalan
  6. Pilih (3), Deodex /system/app (proses deodex folder app). Tunggu hingga proses selesai (jika menemukan kesalahan, cari file dengan ekstensi .odex di folder /xUltimate/origi_app dan hapus)
  7. pilih (4), Deodex /system/app (proses deodex folder framework). Tunggu hingga proses selesai berjalan
  8. keluar dari xUltimate
  9. sekarang di folder xUltimate ada folder done_frame dan done_app
  10. pindahkan kedua folder tersebut ke sdcard
  11. buka command prompt (Pergi ke folder mana android SDK diinstal Lalu pergi ke platform-tools folder di dalamnya.. Klik kanan pada ruang kosong di folder sambil menekan pergeseran key.Select buka Command Prompt di sini)
  12. masukan perintah:
Code:
adb shell
su
stop
mount -o rw,remount /system/ /system/
cp /sdcard/done_app/* /system/app/
rm /system/app/*.odex
cp /sdcard/done_frame/* /system/framework/
rm /system/framework/*.odex
mount -o ro,remount /system/ /system/
reboot
Nah kelar dah proses deodex

Special Thanks to:
chamatht, 4real*leb and Xeudoxus
http://forum.xda-developers.com/showthread.php?t=1600805 

VERSI 2

yang dibutuhkan:
  1. si 'eneng' yang telah ter-root
  2. xUltimate (http://adf.ly/B4UsU atau bisa juga dicek di link di versi 1)
  3. deodex.zip (http://adf.ly/B4Uj8)
  4. apk_update (http://adf.ly/B4Uo9)
  5. pastikan dah terinstal java

langkah-langkahnya:
  1. pastiin alat dan bahannya dah lengkap ya...
  2. sambungkan si 'eneng' ke PC, jangan lupa dicentrang USB Debugging-nya
  3. ekstrak xUltimate.rar, dalam satu folder
  4. jalankan file main.exe dan bakal ada jendela berisi pilihan langkah-langkah
  5. pilih (1) tunggu sampai selesai prosesnya
  6. pilih (2) tunggu sampai selesai prosesnya
  7. setelah selesai step 5 dan 6 akan ada 4 folder baru ditempat ekstrak xUltimate (origi_app , origi_frame , done_app , dan done_frame)
  8. buka folder origi_app hapus file-file apk besertai file-file odex (berpasangan misalnya systemUI .apk dengan systemUI.odex)
  9. kembali ke jendela pilihan (main.exe) pilih (3). tunggu hingga proses selesai
  10. pilih (4). tunggu hingga proses selesai
  11. kembali ke folder origi_app, cari file .apk yang tidak mempunyai file .odex kemudian pindahin ke folder done_app begitupun dengan folder origi_frame pindahin ke folder done_frame (NB: klo pun agan2 tidak menemukan file yang tidak memiliki file .odex, langsung saja ke step selanjutnya..!!!)
  12. buka apk_update.rar, ambil semua file apk yang di dalam di apk_update dan pindahin ke folder done_app
  13. 2 more step to finished deodex...
  14. buka deodex.zip (JANGAN DIEKSTRAK!!!) drag semua file apk yang sudah ada di folder done_app ke dalam folder app yang ada di dalam deodex.zip, lakukan hal yang sama dengan folder done_frame drag masuk kedalam folder framework yang ada di dalam deodex.zip
  15. FLASH VIA RECOVERY OR CWM
  16. selesai dah step deodexnya...

special thanks to:
TONDY PERKASA
http://androidcyberindonesia.blogspot.com/2012/07/tutor-deodex-your-galpock.html 

VERSI 3

Persyaratan:
neng Jessy yg masih pake Stock ROM / ROMnya virgin alias belum di Cusrom

Persiapan:
  1. Download smali_baksmali.zip, lalu ekstrak di drive C; (yng blum punya bisa download dimari:  https://www.box.com/s/tgwznr7ojv5dcr4s01rc)
  2. Persiapan bahan di neng Jessy:                                                                      Copy Folder Framework ( /system/framework ) ke SDCard                             Copy file yang mau di deodex (misalnya ; systemUI.apk dan systemUI.odex) ke SDcard
  3. sambungkan si 'eneng' ke PC
  4. pindahkan / copy isi file di folder framework dan file yang mau di deodex di Sdcard ke folder tempat ekstrak smali_baksmali

Eksekusi:
  1. buka command prompt (cmd) > klik tombol logo windows+R, ketik cmd lalu enter
  2. ketik perintah :                                                                                     cd\                                                                                                         cd smali_baksmali                                                                   
  3. ekstrak file SystemUI.odex dengan perintah: java -jar baksmali.jar -x SystemUI.odex                                            
  4. maka nanti di folder smali_baksmali akan ada folder baru dengan nama out catatan: jika fil yang di deodex selain systemUI maka tinggal rubah systemUI.odex sesuai nama file yang akan di deodex
  5. buat file classes.dex dengan ketik perintah java -Xmx1024m -jar smali.jar out -o classes.dex
  6. maka di dalam folder smali_baksmali akan ada file classes.dex
  7. buka file SystemUI.apk menggunakan winrar atau 7zip, lalu drag and drop file classes.dex ke dalam sistemUI.apk tersebut
  8. maka selesai step pembuatan file deodex9. masukan kembali ke device android melalui flashable.zip (Install via recovery mode)

Thanks to
guebantu.com
http://www.guebantu.com/2012/10/cara-merubah-file-odex-menjadi-dex-deodexed/


10 Responses so far.

  1. makasih sebelumnya atas tutorialnya... maap saya ada pertanyaan.. Versi 1 langkah 6; apakah saya harus hapus semua file .odex? atau yg error nya saja... apakah setiap kali menemukan error saya harus mengulangi langkah 6 tsb. Thanks

  2. Untuk yang perlu dihapus cukup yang eror aja atau app yg crash saja..Iya klau ada yg eror tinggal dihapus saja file .odex nya.di root explorer..trus reboot hh..
    Thanks for Comments :)

  3. Azmi Mie says:

    kalo error smua gimana gan ?? --"

  4. Brarti ada yg slah tu gan.coba ulangi lgi dri awal smbil brdoa.hhee spa taw brhasil :)

  5. samlekum...
    ane belajar tutor cara versi 2..pas di CWM yang asli bawaan firmware DXKPD yg warna biru, aborted melulu..apa harus ganti CWM nya ??

  6. kumsalam..
    Bisa jdi tuh gan CWM nya g compatible ma File deodexnya..Coba aja diupdate dulu CWMnya..Smoga brhasil gan :D

  7. minta password buat download deodex.zip dong gan?
    Makasi..

  8. Lngsung ke sumbernya aja gan :)

  9. gan sdk itu apa ya? maklum newbie kalo masalah satu ini

  10. kenapa ketika sampe tahap cp/sdcard ... dst ...ada jawaban can't .. atau tidak bisa